Rabu, 08 Maret 2017

Penjelasan Chain Dan Spell Speed YuGiOh


Tentang Chain

Chain adalah cara untuk mengurutkan penyelesaian dari beberapa efek  kartu. Chain digunakan saat efek lebih dari 1 kartu diaktifkan  bersamaan, atau saat pemain hendak menggunakan suatu efek setelah kartu  dimainkan, namun SEBELUM kartu tersebut meng-efek pada permainan.

Jika  efek kartu diaktifkan, lawan selalu diberi kesemptan untuk merespon  dengan efek kartu mereka, menciptakan Chain. Jika lawan kamu merespon  dengan efek, lalu kamu dapat memilih untuk merespon dan menambahkan efek  lain pada Chain. Jika lawan kamu tidak merespon, kamu dapat  mengaktifkan efek kedua dan membuat Chain pada aktivasi kartu kamu  sendiri. Kedua pemain berlanjut menambahkan efek pada Chain hingga tidak  ada lagi yang hendak menambahkan, lalu kamu menyelesaikan/menerapkan  (resolve) hasil dalam urutan yang dibalik (dimulai dari kartu yang  terakhir yang diaktifkan).
Kamu harus selalu hati-hati untuk tidak menerapkan efek kartu kamu sebelum menanyakan lawan apakah ia hendak membuat Chain.


Spell Speed

Setiap tipe efek kartu memiliki Spell Speed (kecepatan Spell) diantara 1  dan 3. Jika kamu hendak merespon pada efek kartu dalam Chain, kamu  harus menggunakan efek dengan Spell Speed 2 atau lebih tinggi, dan tidak  boleh Spell Speed yang lebih rendah dari efek yang direspon. Lihat  penjelasan berikut tentang Spell Speed dari berbagai tipe efek kartu.

Efek  Spell, Trap, dan Monster Efek memiliki Spell Speed yang berbeda.  Terdapat Spell Speed dari 1 hingga 3. Kamu hanya dapat merespon dengan  efek yang memiliki Spell Speed 2 atau lebih tinggi, dan Spell Speed-nya  harus sama atau lebih tinggi dari Spell Speed efek yang di-Chain.

•    Spell Speed 1
Ini  adalah Spell Speed paling rendah. Kartu-kartu ini tidak dapat  diaktifkan untuk merespon efek kartu lain. Tipikalnya, efek-efek ini  tidak dapat menjadi Chain Link 2 atau diatasnya, kecuali beberapa efek  Spell Speed 1 aktif bersaman secara serempak.
Yang termasuk Spell Speed 1: Spell (Normal, Equip, Continuous, Field, Ritual), Efek Monster Efek (Ignition, Trigger, dan Flip).

•    Spell Speed 2
Kartu-kartu ini dapat digunakan untuk merespon pada efek Spell Speed 1 atau 2, dan biasanya dapat diaktifkan dalam phase apapun.
Yang termasuk Spell Speed 2: Trap (Normal, Continuous), Spell Quick-Play, Efek Quick pada Monster Efek.

•    Spell Speed 3
Ini  adalah Spell Speed tercepat dan dapat digunakan untuk merespon semua  jenis Spell Speed. Hanya kartu dengan Spell Speed 3 lain yang dapat  digunakan untuk merespon kartu-kartu ini.
Yang termasuk Spell Speed 3: Trap Counter.


Bagaimana Chain Diselesaikan?


Seperti ditunjukkan dalam gambar di atas, efek yang pertama diaktifkan  adalah Chain Link 1. Efek berikutnya adalah Chain Link 2, dan  seterusnya. Setiap Chain Link yang baru dibuat, semua diurutkan menurut  pengaktifan kartu. Setelah Chain komplit (tidak ditambah lagi), hasilnya  dimulai dari kartu yang terakhir diaktifkan dari atas Chain dan turun  hingga Chain Link 1.

Contoh Chain

Player A memainkan "Heavy Storm" dan Player B merespon dengan  mengaktifkan "Threatening Roar" yang telah di-Set. Lalu Player A  meresponnya dengan mengaktifkan "Seven Tools of the Bandit".
Dalam kasus ini, Chain Link ditumpuk seperti gambar di bawah: 


"Seven Tools of the Bandit" (Chain Link 3) diterapkan pertama dan me-negate aktivasi "Threatening Roar".
"Threatening  Roar" (Chain Link 2) kemudian aktif, namun efek "Seven Tools of the  Bandit" menghentikan aktivasinya sehingga tidak ada efek apapun. Player A  tetap dapat mengumumkan serangan.
Lalu efek "Heavy Storm" (Chain  Link 1) resolve, menghancurkan semua Kartu Spell dan Trap di field,  sehingga player A dapat menyerang tanpa diganggu oleh Kartu Spell atau  Trap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar